Langsung ke konten utama

Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

Berbicara mengenai jaringan komputer di zaman serba teknologi saat ini, istilah tersebut mungkin sudah tidak asing lagi di kehidupan kita. Dengan adanya jaringan komputer, kita semua di dunia bisa saling terhubung satu sama lain secara mudah dan cepat.

Gambaran jaringan komputer di dunia


Menurut Wikipedia, jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

Kalau dari saya, Jaringan komputer adalah sebuah sistem terhubung antar dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi (kabel atau wireless) sehingga bisa melakukan pertukaran data, aplikasi maupun berbagi perangkat fisik pada komputer seperti printer, scanner.

Tujuan di buatnya jaringan komputer adalah supaya antar pengirim (transmitter) dan penerima (receiver) bisa saling berkomunikasi dengan tepat, cepat, dan mudah. Hal seperti file sharing, printer sharing, koneksi WLL ke cabang, VPN, streaming di Youtube, upload foto/video ke medsos juga termasuk komunikasi pada jaringan komputer. Untuk membuat jaringan komputer, dibutuhkan alat-alat seperti Switch, Hub, Router, perangkat WiFi sebagai peralatan komunikasi antara client to client, client to server, atau server to server.

Mungkin, istilah paling terkenal dari jaringan komputer saat ini lebih disebut dengan INTERNET.

Manfaat Jaringan Komputer

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan adanya jaringan komputer seperti :

  • Pertukaran data/file

Kita bisa melakukan akses ke file kita atau file orang lain yang sudah di bagikan/share melalui jaringan komputer. 

  • Kemudahan akses informasi

Kita bisa mengakses berbagai berita-berita terbaru, berbagai informasi mengenai tips and tricks dalam berbagai hal dari seluruh penjuru dunia

  • Berbagi Hardware dan Software

Kita bisa share printer, scanner, aplikasi kantor, aplikasi akutansi dan sebagainya. Dalam urusan kantor, kita juga bisa nge-print / nge-scan berbagai file, dan akses program kantor walaupun berbeda RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota/Kotamadya, Provinsi, bahkan berbeda negara asalkan semua perangkat tersebut sudah dihubungkan ke jaringan internet, Wew :)

  • Terciptanya Media Sosial

Ya, tak bisa dibendung. Media sosial juga sangat digandrungi hampir semua orang di dunia sperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Dalam hal ini, penulis menyebut bahwa saat ini "kumpulan manusia" di dunia, sudah termasuk dalam sebuah jaringan komputer. Mudahnya berkenalan, endorse produk, bahkan menaruh iklan produk melalui media sosial.

Kesimpulan

Jaringan komputer sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia pada zaman ini, dikarenakan lebih mudahnya dalam berkomunikasi, bertukar informasi dan pengenalan diri/produk melalui media sosial

Demikian yang dapat saya sampaikan.

Terima kasih

Regards,
kateope

Komentar